Goal.. Toilet Stadion GBK anti mampet

  • Posted on: 29 March 2018
  • By: reno
toilet mampet renorooter

Buang Air di Stadium (2)

Stadium memiliki kapasitas menampung orang yang dalam jumlah besar. Stadium GBK misalnya memiliki kapasitas 80.000 orang dan Jakabaring 40.000 orang. Bayangkan jika misalnya setengah atau seperempat jumlah orang ini ingin buang air pada saat yang bersamaan, pastinya dibutuhkan fasilitas toilet yang memadai. Salah satu hal mampet yang perlu diperhatikan di stadium atau tempat-tempat umum adalah tersedianya toilet yang memadai. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan toilet di stadium atau tempat-tempat umum adalah akses, jenis toilet, banyaknya toilet, penempatan toilet dll.

 

Akses menuju ke toilet sangatlah penting. Bayangkan bila stadium yang besar ini memiliki toilet yang banyak dan memadai namun aksesnya sulit, kemungkinan besar banyak orang akan merasa kesakitan, terburu-buru, marah dsb. Bahkan mungkin ada beberapa orang yang loncat atau melakukan hal-hal yang berbahaya. Atau mungkin banyak orang yang sulit menikmati pertandingan karena harus menunggu dekat toilet karena toiletnya yang jauh dsb. Selain dekat dengan penonton, toilet-toilet juga perlu diberi petunjuk jalan. Letaknya pun perlu jauh dari pintu masuk agar aliran penonton yang masuk dan keluar bisa lancar. Pintu toilet juga perlu dibuat lebar, minimal akses dua arah, arah masuk toilet dan arah keluar toilet. Selain itu, air bersih, tisu toilet dan penunjang lainnya juga perlu dipastikan agar tetap menyala di saat dibutuhkan. Toilet juga dipastikan selalu bersih agar orang-orang yang menggunakan toilet terjaga kesehatannya.

 

Jenis toilet juga perlu dibedakan untuk setiap tujuan dan kebutuhan. Toilet wanita dan pria perlu dipisahkan. Toilet untuk mengganti popok anak-anak juga disediakan untuk tempat umum yang berstandar baik. Toilet disabilitas seperti yang dibangun di Kompleks Gelora Bung Karno juga perlu disediakan agar atlet disabilitas maupun penonton disabilitas dapat juga menikmati pertandingan. Toilet VVIP biasanya dibedakan karena VVIP dapat menimbulkan kerumunan massa. VVIP yang dimaksud misalnya presiden, perdana menteri, dsb.

 

Jumlah toilet juga disesuaikan dengan kapasitas stadium. Direkomendasikan ada 20 toilet untuk setiap 1.000 penonton dan 7 wastafel untuk setiap 1.000 penonton. Untuk toilet pria dapat dibuat sedikit lebih sedikit 15 toilet dan 5 wastafel untuk setiap 1.000 penonton. Penempatan toilet dibuat berada pada dekat jalur turun penonton dari tempat duduk. Tentunya untuk VVIP jumlahnya perlu lebih sedikit dan untuk penyandang disablitas sebaiknya perlu disediakan tempat duduk tersendiri dan akses tersendiri.